BPRS Botani
- SEJARAH SINGKAT BPRS BOTANI -

BPRS Bina Rahmah adalah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah yang pendiriannya diprakarsai oleh Organisasi ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia) wilauah Bogor dan diresmikan oleh Prof. BJ. Habibie yang pada saat itu sebagai ketua umum ICMI.

BPRS Bina Rahmah didirikan Berawal dari diskusi pengurus Korps. Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) daerah Bogor yang dipimpin oleh H. Sjafri Mangkuprawira pada bulan Oktober 1992, telah mensepakati untuk merintis BPR Syariah. Hal ini didasari atas keprihatinan kondisi kaum dhuafa yang terus tertinggal dalam berbagai aspek kehidupan. Pada sisi lain potensi ummat Islam cukup besar dalam posisinya sebagai kelompok produsen maupun kelompok konsumen, bahkan kelompok jasa tenaga kerja.

Nama Bina Rahmah dicetuskan oleh H. Sjafri Mangkuprawira dalam suatu rapat persiapan pembentukan BPRS Bina Rahmah, di rumah beliau (1992). Bina Rahmah mengandung arti membina dengan Rahmah yaitu implementasi rasa syukur kepada Alllah SWT dengan membina ummat secara penuh kasih sayang.

Tepat pada tanggal 11 Agustus 1995 telah terbit Akte Pendirian PT BPRS Bina Rahmah yang dibuat di hadapan Notaris Rd. Dewi Rini Herlina, SH No. 97 tanggal 11 Agustus 1995 dan Akte Perubahan No. 157 tanggal 15 Pebruari 1996 Notaris Supiah Nurbaiti, SH berkedudukan di Bogor.

Perkembangan selanjutnya pada tanggal 27 Juni 2013 bertepatan dengan tanggal 18 Sya’ban 1434 H di ruang rapat Taman Kencana Guest House Jl. Taman Kencana No.3 Bogor, PT. BPRS Bina Rahmah melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) dan telah disepakati dan disetujui bahwa PT. Bogor Life Science and Technology (PT. BLST) sebagai Holding Company Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan AKUISISI saham PT. BPRS Bina Rahmah sebesar minimal 55%. Proses akuisisi ini berlangsung sangat lama mengingat ketatnya aturan akuisisi pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan baru selesai pada tanggal 05 Juni 2017. Hal ini yang menyebabkan BPRS Bina Rahmah berganti Branding menjadi BPR Syariah Botani.

Jejak Langkah BPRS Botani

PT. BPR Syariah Bina Rahmah
Jl. Raya Babakan No. 26 Dramaga – Kab. Bogor 16680
Telp. 0251 – 8621052  |  Email : cs@bprsbotani.co.id